Minggu, 18 Oktober 2009

KEPASRAHAN CINTA

hadapi dengan senyuman
semua yang terjadi biar terjadi
hadapi dengan tenang jiwa
semua kan baik - baik saja

bila ketetapan Tuhan
sudah di tetapkan tetaplah sudah
tak ada yang bisa merubah
dan takkan bisa berubah

relakanlah saja ini
bahwa semua yang terbaik
terbaik untuk kita semua
menyerahlah untuk menang..




Kata - kata di atas adalah sebuah lirik lagu dari AHMAD DHANI ( musisi besar Indonesia sebagai leader super band DEWA 19 ) yang judulnya " HADAPI DENGAN SENYUMAN ". Yang kebetulan sekarang aku mendengar sayup lagu tersebut dan pikiran maupun pandanganku jauh melayang.

Terlintas dalam pikiranku, bahwa banyak sekali di sekitar kita baik itu teman, saudara, keluarga kita yang selalu tidak bisa lepas dari masalah ( apa itu hidup bila tidak ada masalah yang selalu ada ? ) yang akhirnya membuat depresi, sakit, stres dll.

Dua hal yang menarik untuk di kupas antara lirik lagu tersebut diatas dengan segala macam pesoalan dan masalah kita.

Dala beragama kita di tuntut untuk bersikap TAWAKKAL ( mewakilkan segala urusan hanya kepada TUHAN ) dan QANA'AH ( menerima apa adanya ). Hal ini bermakna BERSERAH DIRI.

Dalam menjalani hidup ini, kebanyakan kita sebagai manusia dipenuhi oleh ambisi, hasrat dan keinginan melimpah. Betul ga neh?
Padahal sebenarnya kalau kita telaah bahwa keinginan adalah sumber dari segala NAFSU. Dan nafsu mengantarkan kita pada sifat yg tercela seperti serakah, tamak, angkuh, tak tau malu dsb.


Obat dari sifat tercela tersebut adalah KEPASRAHAN CINTA. Mengaku diri kita sebagai manusia yang mempunya TUHAN artinya memasrahkan semua urusan hanya kepada TUHAN.

Dalam segalah hal, kita hanya DIWAJIBKAN bekerja keras, berusaha, berkarya sepenuh hati, mengapresiasikan semua ide yang baik TANPA HARUS BERHARAP HASIL. Karena jika kita terlalu terbebani dengan harapan hasil, maka energi kita banyak yang terkuras untuk sekedar memikirkannya. Belum lagi jika harapan tersebut tidak sesuai kenyataan, tentu saja kita akan kecewa yang berujuang pada kesusahan, kesedihan, depresi, stres. Payahnya lagi jika dibarengi dengan keluhan. Padahal kata - kata kita adalah doa bagi kita. ;-)

sikap tawakkal dan qana'ah berjalan beriringan. Dalam mengerjakan sesuatu, kita harusnya tidak terbebani dengan harapan akan hasilnya. Biarkan TUHAN yang menentukan hasilnya. Kita bekerja karena memang kita tercipta untuk berkarya. Inilah konsep tawakkal. Dan ketika menuai hasil, kita harus menerimanya dengan lapang hati tanpa menggerutu. Semua harus diterima dengan senang hati. Inilah bentuk qana'ah.

Jadi untuk kita yang ada masalah dengan pekerjaan, percintaan, rumah tangga dll. Kita kembalikan semuanya pada TUHAN yang telah menciptakan kita. Biarkan DIA yang mengatur dan menentukan hasilnya. Tugas kita hanya berusaha sebaik mungkin tanpa harap hasil. Selalu bersemangat dan yakin bahwa SEGALA HAL BAIK DI DUNIA INI YANG KITA PERBUAT AKAN MENDAPATKAN HASIL TERBAIK..

Dengan dilandasi rasa cinta kepada TUHAN, sikap kepasrahan ini akan membawa seseorang pada sikap lapang dada. Segala sesuatu akan di hadapi dengan senyuman.


Malam ini kta membedah sebuah lagu yang ternyata ini adalah lagu "mistis"...


SALAM CINTA

0 komentar:

Followers

Mbh