Sabtu, 24 Oktober 2009

SETIAP SELESAI SHALAT MENGUSAP MUKA BOLEHKAH ?

RUBRIK TANYA JAWAB SEPUTAR ISLAM
SETIAP SELESAI SHALAT MENGUSAP MUKA BOLEHKAH ?

PERTANYAAN DARI UKHTI SYAHIRAH ATHIFAH K

'syahirah Athifah K' q mw tx lg..

Kan bgniE gtw knp kan stiap slese sholat q n tman2 sjak dulu.. N jd kbiasaan ngusapa muka sperti stelah salam langsung mengusap muka'... Sbnarx ada hadistx tdk yg sperti i2...

JAWABAN KAMI INSYAA ALLAH :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

B i s m i l l a h i r r a h m a a n i r r a h i i m,

Alhamdulillahirabbil ‘alamiin, segala pujian kita panjatkan kehadirat Allah SWT, sholawat serta salam semoga tercurah atas junjungan kita Rasulullah SAW, beserta keluarganya, para shahabatnya dan orang2 yang istiqomah dijalan-Nya.

Ukhti Syahirah yang budiman, memang sudah menjadi hal yang sangat umu, ketika selesai shalat, kita mengusap muka, dan dari yang kami ketahui memang banyak hadit-hadist yang menerangkan untuk mengusap wajah akan tetapi tidak ada yang shahih. dalam hal ini Syaikh Nashiruddin Al-bany membid'ahkan.

Ada pendapat lain dari ibnu hajar al-asqalany mengatakan memang hadistnya dhaif tapi banyak dan saling menguatkan sehingga naik derajatnya menjadi hasan (Subulus-salam jiid 4 halaman 399) jadi ikhtilaf dalam masalah ini karena perbedaan dalam memahami derajat hadist tentang hal itu. kita boleh mengikuti pendapat yang menurut kita kuat.

Kesimpulannya, Insyaa Allah perbuatan mengusap wajah setelah shalat boleh dilakukan berdasarkan ijma’ / kesepakatan ulama yang membolehkan. Jadi menurut saya bukan bid’ah yang harus ditinggalkan. Ini berdasarkan sebuah riwayat :

Hadits shahih Dari Ibn Sunni Riwayat Anas ra, bahwa Rasul saw bila selesai dari shalat, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya, lalu berkata : Asyhadu an Laa ilaah illallahu Arrahmaanurrahiim, Allahumma Idzhib anniy alhammu walhazn ( Al Adzkar Imam Nawawi hal.69 )

Wallahu a’lamu bish shawab.


Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekhilafan atau kesalahan ketik
Wabillahi taufiq wal hidayah
Wa Shubhanaka wabihamdika Asyhadu alla ilaha illa Anta astaghfiruka watubuu ilaihi
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 komentar:

Followers

Mbh