Sabtu, 24 Oktober 2009

BERAKHLAK BAIK

Ada sebuah hadits, yang artinya seperti ini,
Dari Jabir ibn Abdillah Rodliyalloh Anhuma, sesungguhnya Rasulullah Shallallah alaih wasallam bersabda: "Orang yang paling aku cintai diantara kalian, dan bertempat paling dekat denganku dihari kiamat, adalah orang yang baik akhlaknya. Dan orang yang paling aku benci diantara kalian, dan yang paling jauh tempatnya dariku dihari kiamat, adalah atstsartsarun, almutasyaddiqun dan almutafaihiqun (arti akan dijelaskan)." para sahabat bertanya, "Wahai Rasulallah, siapakah almutafaihiqun?" Rasulullah pun menjawab, "Orang-orang yang bersombong."

* Atstsartsarun: orang yang banyak bicara hingga melebihi batas, hingga suka berbicara seenaknya (ngawur).
* Almutasyaddiqun: orang yang banyak bicara dengan membanggakan diri sndiri (bersombong dg kata-kata).

Hmm.. Brader & Sista bisa membaca hadits diatas, bahwa Rasulullah benar-benar mengajarkan kita untuk berakhlak dan bersopan santun. Tentu caranya sangat banyak sekali, seperti yang sudah dicontohkan sendiri oleh Sang Kinasih Sejati. Beliau pun pernah berkata yang artinya, "Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak-akhlak yang baik."

Dan Brader & Sista pun tahu, bahwa peradaban manusia itu bisa maju dan menjadi mulia, dengan akhlak yang berjalan dalam adat masyarakat tersebut. Bandingkan masa kelam Eropa yang tak berakhlak, diwaktu Islam menyebarkan sayapnya dengan akhlak yang tinggi itu. Eropa pun tenggelam dalam kebodohan, dan Islam bertambah mulia dengan adab dan ilmunya. Lalu, bukankah ini berarti, jika memang Brader & Sista seorang muslim, pun harus beradab seperti apa yang telah diajarkan Rasulullah?

Tentu saja, sangat beruntung bagi Brader & Sista yang selalu bersopan santun. Bayangkan saja, bagi mereka yang berakhlak baik, mendapatkan tempat yang terdekat dengan Rasulullah! Cukuplah ini sebagai suatu kebanggaan.. Karena otomatis, jika Brader & Sista mendapat kedudukan yg dekat dg beliau kelak, berarti Brader & Sista pun dekat dg Para Nabi-nabi lainnya, juga dg Kekasih2 Allah! Plus satu lagi: Dicintai Rasulullah! Mau?

Dan.. Bagi mereka yang tak beradab, cukuplah sebagai kerugian dngan rasa benci Rasulullah pada mereka. Tntu sangat rugi.

Tapi bukan berarti Rasul hanya membenci saja.. Tapi dengan peringatan diatas, Rasulullah pun mengingatkan mereka, agar tak menjadi orang2 yg beliau benci, dari 3 golongan diatas. Agar mereka berhenti dari akhlak buruknya.

Nah, sekarang, hayuk kita terapkan akhlak2 Islam, agar kita dicintai oleh Rasulullah! insyaAllah...

0 komentar:

Followers

Mbh