Sabtu, 24 Oktober 2009

Kak...cinta itu apa...???

“kak, cinta itu apa sih?”
terdengar suara adikku yang polos bertanya padaku.
“Entahlah dek, kakak sendiri juga nggak tau dengan pasti.” Jawabku sederhana saja dan sekenaku.
“kak, kok g tau sih? Bukankah biasanya orang yang seumuran kakak selalu berucap tentang cinta?”.tanyanya kepadaku.
Seolah belum puas dengan jawabanku. Sembari menyibakkan jilbab birunya yang tertiup angin malam.
Seolah membuatnya kelihatan lebih serius dari pertanyaan-pertanyaan sebelumnya.
“kak, kok diam sih?...kak..kak… jawab dong!” pintanya memaksa kepadaku.
“Dek umurmu masih terlalu kecil untuk tau tentang cinta. Lagipula anak kelas 4SD kok dah ngomong cinta-cintaan sih?”
“Yee…si kakak ditanyain malah balik nanya dong! Kan adik nggak ngerti makanya adik nanya ma kakak”.
Jawabnya sewot kepadaku sembari memanyunkan bibirnya kepadaku.
Memang itulah sikap yang sangat familiar darinya jika dia tidak mendapatkan apa yang dia mau.
Seolah tak pernah puas dengan jawaban yang aku berikan. Sampil tersenyum ku jawab.

“Dek, cinta itu suatu anugrah dari Allah untuk dinikamati oleh hamba-hambaNYA. Ya..kurang lebih seperti itu.”
“kalau itu anugerah dari Allah dan untuk dinikmati, kenapa kakak sering menangis?
Bukannya yang namanya anugrah itu pasti indah kan kak? Kak..klo jawab jangan setengah-setengah dong!”.
Lagi-lkagi dia sewot dan menjulurkan bibirnya.
Raut wajahnya yang polos seolah menambah keseriusan dibalut dengan jilbab sutra biru, wajahnya semakin ayu berseri.
“semoga kau menjadi muslimah sejati” besitku dalam hati tatkala aku terpesona dengan wajah polosnya.
“Baiklah, kk akan coba jelasin panjang kali lebar tentang cinta yang kamu tanyakan kekakak tadi.
Tapi kamu harus dengerin dengan bijak karena berita g bisa diulang dua kali, ok?”

“ok bos! Adek pasti akan menjadi pendengar yang bijak”
“Begini ya adikku yang manis.. sebelum berbicara tentang beda cinta itu, maka
alangkah baiknya kalau kakak ingin mendefinisikan arti cinta yg sesungguhnya, APA SIH CINTA ITU?
ia adalah perasaan jiwa dan gejolak hati yg mendorong
seseorang untuk mencintai kekasihnya dgn penuh gairah,lembut dan kasih sayang, cinta adalah fitrah manusia yg murni,
yg tidak dapat terpisahkan dengan kehidupnnya, ia selalu dibutuhkan. jika seseorang ingin menikmatinya dgn cara yg terhormat
dan mulia, suci dan penuh taqwa,
tentu ia akan mempergunakan cinta itu untuk mencapai keinginannya yg suci dan mulia pula,
dan islam mengakui adanya fenomena cinta yg tersembunyi di dalam jiwa manusia.
Nah...sekarang baru bisa kakak jawab...cinta yg berlandaskan hawa nafsu adl cinta yg di luar bingkai syariat islam
yaitu cinta yg menjunjung tinggi syahwat
dari pada ruhnya sehingga dgn itu membuat sang pelaku untuk merealisasikna cinta yg tumbuh atas dasar taat pada Allah,
cinta yg menghantarkan pelakunya kpd amalan-amalan yg membuat Allah semakin cinta kepadanya.
cinta yg hakiki bukanlah cinta dusta, bukan cinta yg bisu dari pernyataan tausiah dan tuli dr bisikan kebaikan,
bukan cinta yg diobral dgn hiasan kemaksiatan
dan sekedar mengejar sebuah tuntutan sosial.

cinta yg hakiki adalah cinta yg terang seterang matahari,
ia penuh dgn ketulusan dan bukan basa basi, ia jelas dgn perangkat yg tdk menyimpang dr statusnya sbg hamba,
bukan sekedar romantika dunia melainkan senandung mulia penduduk langit. jelas terang dan tdk ada sedikitpun yg disembunyikan,
cinta yg hakiki tdk membutuhkan pertanyaan"ADA APA DENGAN CINTA?".
Cinta yg hakiki ada dlm ketaatan, Allah sangraja, Rasulullah sang kekasih,
perjuangan yg dirindukan dan pasangan hidup yg menyejukkan pandangan serat anak2 saleh dan saleha
sebagai bunga dan buahnya. cinta tulus,cinta
murni,cinta yg hidup dan menghidupkan. “
“PESAN kakak “adikku....ikhwan maupun akhwat juga manusia biasa....
kita semua berbeda bukan karna tidak memiliki cinta melainkan karna
cinta kita selalu berbingkai ketaatan pada sang pencipta.
Nah sekarang apa kamu ngerti apa itu cinta, adikku?”
“dik…dik…dik..loh kok diam aja…apa kamu dah ngerti?”
“Zzz…”
“Yah…kakak capek-capek ngomong kamunya malah tidur…ckckckckck...”
Ini hanya sepenggal kisah iseng dalam keseharianku...
untuk selalu terus bisa belajar dan belajar.
Meluaskan khasanah keilmuan dan berpikir dalam wadah aqidah.

0 komentar:

Followers

Mbh