Sabtu, 07 November 2009

HUSNUL KHATIMAH DAN SUUL KHATIMAH

Brader & Sista, sering kali kita mendengar, apa itu husnul khatimah dan suul khatimah. Husnul khatimah adalah akhir kehidupan dengan membawa Islam. Sedangkan suul khatimah, adalah mati dengan tidak membawa Islam.

Nah, jika memang kita mati dalam keadaan Islam, insyaAllah kita akan sampai masuk dalam surga. Begitu juga sebaliknya. Ah, semoga kita tak meninggalkan dunia ini dengan suul khatimah! Amin.

Akhir kehidupan itu sendiri, bisa dilihat dari cara dan perilaku orang yang sedang menjalani kehidupan. Kebanyakan, orang yang baik, bisa meninggal dengan husnul khatimah. Tapi, bisa juga orang yang tak baik, meninggal dengan husnul khotimah!

Lebih jelasnya, perjalanan hidup itu dibagi menjadi empat:
1. Baik di dunia, baik pula di akhirat.
Mereka adalah orang2 yang banyak beramal kebajikan didunianya dan selalu taat pada Allah, dan meninggal dg husnul khatimah dan masuk surga. Semoga Allah menjadikan kita semua dalam golongan pertama ini.
2. Baik di dunia, jelek di akhirat.
Mereka adalah orang2 yang disinyalir oleh Rasulullah, bahwa ada kelompok yang selalu beramal baik hingga jarak antara dirinya dan surga, hanya sejengkal, dan sebelum mati, dia melakukan kejelekan, ia pun masuk neraka. Nah, itu semua, kemungkinan besar karena memang dia tidak beramal baik karena Allah, akan tetapi agar dinilai masyarakat sebagai orang yang baik. Ah, semoga kita tak termasuk didalamnya!
3. Jelek di dunia, baik di akhirat.
Mereka sering sekali bersalah pada Allah. Tapi, didalam hatinya ada keinginan untuk bertaubat dan beristighfar. Allah pun mengampuni mereka, dengan kehendakNya. Semoga Allah memaafkan kesalahan2 kita. Amin...
4. Jelek di dunia, jelek pula di akhirat.
Mereka adalah orang2 kafir yang sampai mati tak mau masuk Islam. Semoga kita tak masuk didalamnya.

Dari sini, kita harus selalu berprasangka baik pada sesama muslim: Jika melihat seorang muslim yg baik meninggal, insyaAllah dia husnul khatimah. Jika melihat seorang muslim yang tak baik meninggal, jangan katakan suul khatimah, tapi katakan, mungkin Allah mengampuninya, dan dia meninggal dalam keadaan husnul khatimah pula.

Semoga kita semua bisa meninggal dengan husnul khatimah dan memperoleh ridlaNya, amin!

0 komentar:

Followers

Mbh