Senin, 02 November 2009

I LOVE ORTUKU

Rasulullah membawa ajaran Islam, dan mengajarkan penuh kasih sayang. Dan tentu saja, seperti Brader & Sista tahu, termasuk tentang menghormati orang tua kita.

Brader & Sista silahkan simak FirmanNya di surat Isra': 23, yang artinya, "Dan Tuhanmu memerintahkan agar tak menyembah (sesuatupun) kecuali Dia, dan (bersikap) baik pada orang tua." Wow, Dia membarengkan antara sikap baik kita pada orang tua dengan perintah hanya menyembahNya. Tentu saja, ini adalah sesuatu yang sangat besar! Beliau berdua yang mengurusi kita ketika masih kecil. Apalagi ibu kita, yang rela mengandung kita selama 9bulan.

Tentu saja Brader & Sista sudah sering kali mendengar hadits yang artinya, "Ya Rasulallah, siapakah orang yang paling berhak untuk aku bersikap baik?" Sang Kinasih pun menjawab, "Ibumu, lalu ibumu, lalu ibumu, lalu ayahmu, lalu kerabat yang terdekat dan yg terdekat." Yaps, ibu diulang sebanyak 3x, karena memang beliau lebih besar pengorbanannya, dibanding dengan ayah -ya, seorang ayah pun sangat besar jasanya! Nah, dari sini, Brader & Sista tahu, bahwa Islam benar-benar menempatkan wanita, pada tempatnya yang layak!

Suatu hari, Sy Asma' bint Abi Bakr (radliyallah anhuma) berkata, "Suatu hari, ibuku yang masih musyrik datang kepadaku, dizaman Rasulullah. Aku pun bertanya pada Rasulullah, "Ibu datang kepadaku dan dia sedang mmbutuhkanku. Apakah aku menyanggupinya (menyambut permintaanya?)" beliau menjawab, "Ya, sambunglah ibumu." Nah loh, Brader & Sista bisa lihat, meskipun seorang ibu adalah orang kafir, kita tetap disuruh menghormati dan berbakti pada beliau berdua!. Tentu saja dengan batas: tak usah menuruti orang tua jika menyuruh kita bermakshiat pada Allah.

Brader & Sista tahu juga kan, bahwa Ridlo Allah berada pada ridlo kedua orang tua? Juga murkaNya berada pada murka beliau berdua? Yap, terserah kita, menginginkan ridla atau murka Allah. Dan, durhaka kepada orang tua, adalah termasuk dosa besar. Tentu saja, berbeda jika beliau berdua memerintahkan kita bermakshiat lalu kita tak mau; ini bukan sebuah kedurhakaan.

Yaps, apapun keadaannya, diselain perbuatan dosa, Brader & Sista diperintahkan untuk menuruti perintah dan berbakti pada beliau berdua -meskipun kita tak mungkin bisa membalas semua kebaikan beliau berdua. Dan, durhaka pada beliau berdua adalah sebuah dosa besar!

Ya Allah, jadikan kami semua sebagai anak-anak yang berbakti, dan membuat orang tua kami bahagia dan bangga dengan kami. Amin.

Ayah, Ibu, Kami begitu mencintai kalian berdua.

0 komentar:

Followers

Mbh