Sabtu, 07 November 2009

13 Alternatif Persahabatan Abadi

Ketidak cocokan kita dengan teman,bisa menimbulkan terkoyaknya suatu persahabatan. Persahabatan itu bukan sekedar pergi bersama, kumpul bersama, kemana-mana selalu bersama. Namun, seharusnya ikatan emosional batin tersebut harus tetap ada walau telah berpisah raga, bertahun-tahun pula.
Berikut adalah alternatif menuju persahabatan yang ideal dan abadi :
1. (Cinta dan marah, karena Alloh) ini adalah unsur terpenting dalam persahabatan. Karena dengan ini persahabatan kita tidak hanya bermanfaat di dunia, tetapi juga menghasilkan buah yang menakjubkan kelak di akhirat
2. (Katakan kalau kamu sayang padanya) cobalah katakan secara langsung atau lewat surat,sms, telfon, dll. Insyaalloh persahabatanmu langgeng.
3. (Berilah hadiah) sederhana sekalipun, walau berupa sepotong biskuit,atau pijatan lembut di pundaknya yang pegal
4. (Kenali kesukaanya, dan hindari ketidaksukaannya) terutama hal-hal sensitif, semisal dia tidak cocok dengan seseorang. Cobalah untuk menahan dirimu untuk tidak menghadirkan sesuatu yang tidak dia sukai, di hadapannya.
5. (Menolong saat dia membutuhkan) terutama saat sakit atau dia sedih. Poin inilah yang menentukan, sejauh mana kesetiaanmu sebagai sahabat sejati
6. (Hibur saat dia sedih) pelajari bahasa tubuh dan mimik wajah, sebab tidak semua teman mengkomunikasikan kesedihannya. Lalu jika kau tahu temanmu sedih, tanpa harus banyak kata, temani dia dalam kesedihannya
7. (Lebih banyak memberi) jangan pernah mengharap bahwa sahabatmu akan memberi banyak padamu, tapi wajibkan dirimu untuk memberi yang terbaik baginya, walau nasehat.
8. (Lebih banyak mendengar) memiliki teman yang mau mendengarkan adalah hal yang paling melegakan, apalagi saat ada masalah. Walaupun sahabat kita belum tentu bisa membantu menyelesaikan masalah kita.
9. (Menjaga jarak barang sejenak) persahabatan tetap ada kejenuhan, terlalu rapat bergaul, atau terlalu perhatian, akan membuat sahabat merasa tidak bisa gerak. Maka jagalah jarak tertentu dengan sahabatmu, sehingga terbit rasa rindu.
10. (Positive thinking (husnudzon) dan jujurlah padanya) terutama jika ada kabar miring tentang sahabatmu
11. (Membuatnya bahagia) semisal mengucapkan selamat ultah, mendengar keluh kesahnya,menghiburnya
12. (Cintai dia apa adanya) fahami dan coba mengerti dia, ini yang penting
13. (Maafkan kesalahannya) ini menjaga erat persahabatanmu,walau hatimu terkoyak oleh sikapnya.

jika kita bisa melakukan 13 hal ini, maka persahabatanmu akan lekat sampai akhir hayat, insyaalloh

0 komentar:

Followers

Mbh