Minggu, 15 November 2009

Semalam Suntuk??

Seandainya saya bertanya pada Brader & Sista, apakah Brader & Sista bisa begadang semalam suntuk tuk beribadah? Mungkin Brader & Sista akan memberikan jawaban yang berbeda-beda.

"Waduh, ga bisa.. Ngantuk."
"Yah, kalo sekali dua kali sih, insyaAllah bisa.."
"Aku punya tugas ronda malam!"
"Jarang-jarang.. Itupun ngantuk, hehehe."
"Ngapain juga gak tidur semalaman.. Kaya gak ada kerjaan laen ajah."
"Bang, martabaknya gag pake cabe yah."
Ups, jawaban yg terakhir salah.. Hehehe.

Saya pun mungkin akan menjawab dengan jawaban yang berbeda-beda jika ditanyai diwaktu yang tak sama. Normal kok. Tapi, bisa tidak, Brader & Sista begadang beribadah semalam suntuk, setiap hari? Yaps, setiap hari?

Saya yakin Brader & Sista bisa! Hoho, tentu bukan dalam arti sesungguhnya. Tapi, 'semalam suntuk' yang dengan cara lainnya. Apa itu?

Rasulullah pernah berkata, yang artinya, "Orang yang berbuat (membantu) orang-orang janda, orang2 miskin, maka dia (mendapatkan pahala) seperti orang yang jihad fi sabilillah, dan seperti orang (yang berbibadah) semalam suntuk, dan seperti orang yang berpuasa tanpa berbuka."

Brader & Sista, kata2 'membantu' diatas sangat umum. Bisa jadi membantu memberi/mencarikan pekerjaan, membantu dengan memberi uang, atau dengan artian mengurusi, atau mencarikan suami (bagi seorang janda), atau bantuan2 lainnya. Hal ini, bisa dilakukan oleh semua orang, bukan?

Membantu kaum miskin, karena seperti yg Brader & Sista tahu, mereka orang2 yang sangat membutuhkan. Membantu orang2 janda, karena orang janda itu tak punya suami yang menghidupinya. Dari situ, pintu kebaikan pun terbuka bagi orang lain yang ingin membantu mereka berdua!

Dan, seperti yang Brader & Sista baca: berpahala seperti orang yang berjihad fisabilillah, dan seperti orang yang semalam suntuk beribadah, dan seperti orang yg berpuasa tanpa berbuka.. Wow! hal2 yang berat itu, pahalanya bisa kita dapat, dengan sesuatu yg mudah...

Tentu saja, harus ada satu point yg Brader & Sista tak boleh terlupa: ikhlas..
###
Yaps, sekarang, Brader & Sista sudah bisa (mencari pahala) beribadah semalam suntuk, bukan?

0 komentar:

Followers

Mbh