Kamis, 19 November 2009

Karena Dia Saudaramu

Brader & Sista, Islam -seperti yang telah kita tahu, adalah agama yang mengajarkan pemeluknya untuk saling menyayangi dan memperhatikan. Saya yakin, Brader & Sista sudah pernha dengar, bahwa ummat Islam itu seperti satu jasad; jika salah satu anggota badan merasakan sakit, seluruh tubuh akan merasakan panas.

Yaps, dari situ, Rasulullah mengajarkan Brader & Sista agar saling memperhatikan sesama muslim, bukan saling bermusuhan! Nah, disini, beliau memberi tahu kita sesuatu agar rasa saling memiliki ini, selalu ada dalam hati kita.

Dalam salah satu hadits, beliau bersabda yang artinya, "ada lima hal yg menjadi hak muslim yg dilakukan muslim lainnya: menjawab salam, memenuhi undangan/panggilan, menghadiri jenazah, menjenguk orang sakit, dan menjawabi org yg bersin ketika dia mengucapkan hamdalah."

Maksudnya bagaimana??

Dalam salah satu hadits, beliau bersabda yang artinya, "ada lima hal yg menjadi hak muslim yg dilakukan muslim lainnya: menjawab salam, memenuhi undangan/panggilan, menghadiri jenazah, menjenguk orang sakit, dan menjawabi org yg bersin ketika dia mengucapkan hamdalah."
--- --- ---
1. Menjawab salam. Dengan menjawab salam, Brader & Sista secara tak langsung menunjukkan perhatian pada sang saudara seiman kita. Tapi, kita bukan cuman dituntut menjawab salam, karena disana ada hadits lain, "Sebarkanlah salam diantara kalian.." Selain itu, kata-kata 'assalamu'alaikum' dan 'waalaikumussalam' adalah salah satu tanda seorang muslim, untuk mendoakan sesama.

2. Memenuhi panggilan atau undangan. Malahan, memenuhi undangan adalah suatu kewajiban, jika memang Brader & Sista tak berhalangan hadir! Dengan menghadiri undangan saudara seiman kita, berarti kita ikut berbaur dg apa yg mereka rasakan.

3. Menghadiri jenazah. Tentu saja selain ikut mendoakan si mayit, Brader & Sista pun ikut menghibur keluarga yang berduka, agar kesedihan bisa segera mereka usir.. Dan agar mereka tetap bisa menerima garis yg telah ditentukanNya.

4. Menjenguk orang sakit. Dengan itu, Brader & Sista berarti telah memperhatikan sesama. Juga, si sakit akan merasa lebih semangat untuk cpt sehat. Selain mendoakan dan menghibur, Brader & Sista jangan lupa meminta doa pada si sakit, karena doa orang sakit itu cepat dikabulkan!

5. Menjawab orang bersin yg mengucapkan Alhamdulillah. Ajaran Sang Nabi, ketika Brader & Sista bersin, disunnahkan mengucap Alhamdulillah. Karena saat bersin, ribuan kuman keluar dari diri kita. Bagi yang mendengar, menjawab dg Yarhamuka-llah (semoga Allah merahmatimu). Setelah mendapat jawaban, Brader & Sista disunnahkan menjawab lagi: yahdikumu-llah (semoga Allah selalu membimbingmu). Wow, sampai hal sekecil ini, kita disuruh saling berdoa!

Karena memang Islam mengajarkan kasih sayang.. Dan karena seorang muslim lainnya, adalah saudaramu.. Allah berfirman, yg artinya, sesungguhnya kaum mukminin saling bersaudara..

Yaps. Karena mereka adalah saudara kita.

0 komentar:

Followers

Mbh