Kamis, 19 November 2009

PENGHORMATAN PARA SAHABAT KEPADA NABI SHALALLHU 'ALAIHI WASALAM

Dari Anas ra. katanya, "Pernah Rasulullah SAW keluar dari rumahnya menuju ke majelis Muhajirin dan Anshar. Ketika itu mereka sedang duduk. Di antara mereka ada Abu Bakar ra. dan Umar ra.. Tidak ada satu pun dari mereka yang berani mengangkat pandangannya langsung kepada Nabi SAW selain Abu Bakar ra. dan Umar ra. Kedua sahabat itu langsung memandang Nabi SAWdan Nabi pun memandang keduanya. Kedua sahabat tersenyum kepada Nabi SAW dan Nabi pun tersenyum kepada keduanya". (Tarmidzi, Asy Syifa 2/33)

Dari Usamah bin Syarik ra. katanya, "Kami duduk di hadapan Nabi SAW seolah-olah di atas setiap kepala kami ada seekor burung bertengger. Tiada seorang pun dari kami yang berani berbicara. Tiba-tiba ada sekelompok orang datang seraya berkata, "Wahai Rasulullah, siapakah hamba Allah yang paling dicintai oleh Allah?" SAbda Beliau, "Orang yang paling baik budi pekertinya"." (Thabrani, Ibnu Hibban, At Targhib, 4/187)

Dari Barra' bin Azib ra. katanya, "Pada suatu ketika aku ingin bertanya kepada Nabi SAW tentang suatu urusan, tetapi aku menunda pertanyaan tersebut hingga dua tahun dikarenakan kewibawaan Beliau". (Abu Ya'la, Tarjuumaanus Sunnah, 1/370)

0 komentar:

Followers

Mbh