Minggu, 29 November 2009

THE GOODFATHER

Tren keluarga muda masa kini adalah kedua pihak, ayah dan ibu, bekerja. Mereka berpandangan memiliki tanggung jawab yang sama untuk terlibat dalam pengasuhan anak. Informasi yang cepat mempengaruhi para ayah muda. Mereka menganggap menjadi ayah adalah sesuatu yang sangat penting. Jadi, memang, tren keluarga baru itu memang ke arah itu.


Hal perlu digarisbawahi adalah, ayah yang dibutuhkan anak bukanlah ayah yang hadir secara fisik saja, melainkan ayah yang benar-benar hadir dalam hidup anak. Seorang yang punya banyak waktu bersama anak pun bisa jadi kehadirannya tidak dirasakan oleh anak. Misalnya, karena ia selalu sibuk dengan dirinya sendiri atau tidak bisa didekati anak. Kehadirannya dirasakan si kecil secara fisik, namun sesungguhnya ayah tidak hadir. Itu sama seperti tidak ada ayah sama sekali. Perlu dipahami bahwa kehadiran ayah itu bukan semata-mata dia ada di rumah, tapi hadir secara utuh dalam kehidupan anak.



Ada lima aspek penting yang perlu diketahui ayah untuk mengevaluasi apakah di tengah keterbatasan waktunya, kehadirannya bisa cukup memadai untuk si kecil.


# 1. Ayah sacara emosional punya rasa tanggung jawab pada anak dan perilakunya juga tampak sebagai perilaku yang bertanggung jawab pada anak.


# 2. Secara emosional ayah punya ikatan dengan anak dan sebaliknya. Ini yang sebenarnya bisa dicapai, walau ayah tinggal berjauhan dengan keluarga.


# 3. Secara fisik bisa dijangkau. Jika anak masih balita, maka sosok ayah bisa dipeluk dan diajak bermain. Kasih sayangnya juga tampak.


# 4. Menyediakan kebutuhan-kebutuhan material yang menunjang perkembangan anak secara optimal.


# 5. Ayah ikut serta dalam pengambilan keputusan penting yang berkaitan dengan perawatan anak.



Kedekatan anak dengan ayah sangat penting. Tanpa kehadiran ayah, di masa depan anak bisa mengalami berbagai masalah. Misalnya, ketika di Sekolah Dasar ( SD ) atau Sekolah Menengah ( SMP ), anak merasa tidak aman menghadapi lingkungan sekitarnya. Pada anak laki-laki cenderung ditemukan masalah perilaku, memiliki masalah-masalah agresif, tidak sabar, kurang toleransi terhadap frustasi, atau problem akademik yang rendah. Kalau pada remaja, anak tidak memiliki hasrat yang tinggi mencapai prestasi terbaik atau masalah premarital sexual, seks sebelum menikah. Bila ditarik ke belakang, berbagai masalah ini seringkali ada hubungan dengan ketidakhadiran ayah.


Ayah punya karakteristik hubungan yang khas dengan anak, yang berbeda dengan ibu. Ini bisa dipakai ayah untuk mendekati anak. Misalnya, ayah adalah partner bermain, apalagi untuk anak balita. Buat anak, bertemu ayah menimbulkan kegembiraan karena menimbulkan petualangan. Bermain dengan ayah lebih aktif, lebih eksploratif, lebih membuat mereka merasa kompeten.


Bisa jadi ayah yang punya waktu sedikit memanfaatkan waktu dengan aktifitas bermain. Bermain itu tidak hanya bermain, memandikan anak, makan bersama bisa dimanfaatkan sebagai sarana bermain. Manfaatnya banyak sekali. Kegiatan lain adalah membaca. Kegiatan ini sangat mempengaruhi kemampuan verbal anak laki-laki dan perempuan. Bahkan dalam hal ini pengaruh ayah lebih signifikan daripada ibu.


Kebiasaan membaca dengan ayah lebih meningkatkan kemampuan verbal anak secara signifikan. Ini unik. Ada dugaan, ayah cenderung memakai bahasa yang lebih kompleks daripada ibu. Waktu ayah mengajari anak membaca, ada yang khas bahwa penyampaian oleh pria lebih merangsang kemampuan verbal anak.


Keterlibatan ayah membuat prestasi belajar anak lebih bagus, dan persepsi diri tentang kemampuan diri anak lebih tinggi daripada anak-anak yang ayahnya tidak terlibat. Ini merupakan peluang bagi ayah untuk terlibat dalam waktunya yang sempit.


Dukungan ibu dalam hubungan ayah-anak sangat penting. Oleh sebab itu perkawinan mereka harus sehat. Ayah-ibu harus fleksibel menghadapi perubahan yang terjadi. Ibu sebenarnya seperti juru bicara ayah. Apa yang ibu sampaikan tentang ayah yang tertangkap anak secara verbal atau nonverbal itu yang ditangkap si kecil. Selama Ayah Tak Ada, Peran Ibu Sangat Penting.

Tidak ada komentar:


review http://mahesakujenar.blogspot.com on alexa.com
free counters

Followers

 
heramkempek © . Template by: SkinCorner. SEO By: Islamic Blogger Template