Minggu, 29 November 2009

SANTUN PADA DIRI

Assalamu'alaikum Wb Wb.

Sahabatku...
Di antara hal tersulit dalam diri kita adalah bagaimana kita santun pada diri sendiri. Bagaimana kita menghargai diri kita sendiri. Bagaimana kita peduli dengan diri kita sendiri. Bagaimana kita mencintai diri kita sendiri. Dengan penghargaan yang tidak menghinakan. Dengan kepedulian yang utuh. Dan dengan cinta yang benar. Santun pada diri sendiri, terutama dengan menjauhi hal-hal yang bisa merusak diri, sangat-sangat tidak mudah.

Sahabat...
Santun pada diri sendiri sebenarnya perkara yang seharusnya menyatu dengan kepribadian kita. Betapa kita telah dikaruniai nikmat yang luar biasa. Nikmat yang mahal. Itu bukan untuk disia-siakan, tapi juga bukan untuk digunakan untuk hal2 yang merusak. Seseorang tidak mungkin menjadi mulia, bila dia sendiri merendahkan martabatnya.

Sahabat..
Orang yang tidak memuliakan dirinya sendiri, tidak layak mendapat penghormatan dari orang lain. Siapa yang tidak menghormati tidak akan dihormati.

Sahabat..
Cara islam menghargai fitrah dan kecenderungan manusia adalah mengaturnya, memuliakannya, dan membuat pemiliknya memiliki kehormatan. Tidak ada orang yang menjadi lebih baik tanpa melakukan apa yang disebut santun pada diri sendiri. Orang yang tidak mengerti bagaimana berlaku santun pada diri sendiri, akan juga tidak mengerti bagaimana berlaku santun pada orang lain.

Sahabat...
Inilah pentingnya kita punya alat ukur yang baik tentang diri kita, tidak lain, karena dengan itu kita menjadi tahu bagaimana kita menghargai pada orang lain, bagaimana kita mencintai pada orang lain dan bagaimana kita beramal untuk orang lain.

Sahabat...
Santun pada diri sendiri lebih dikarenakan, manusia diciptakan dengan misi yang jelas. Santun pada diri sendiri adalah kesadaran mendalam tentang bagaimana kita mengolah diri kita.

Sahabat..
Yang menjadi tantangan kita untuk santun trhdap diri sendiri adalah, menjadi tidak sederhana memang, untuk kita yang hidup di zaman penuh keterkaitan. Ketika apa yang kita makan tidak cukup apa yang baik dan sehat.

Sahabat..
Seringkali orang memburu kebutuhan dengan mengorbankan kehormatan, mencari kemudahan dgn mencederai harga diri, bahkan mengejar kesenangan demi kesenangan dengan merusak dan menyakiti diri sendiri.
Ada banyak hal di sekitar kita, yang perlu kita baca ulang, dengan sudut pandang santun pada diri sendiri..

Wassalamu'alaikum

0 komentar:

Followers

Mbh