Minggu, 29 November 2009

WASIAT GURU THORIQOH

Suatu ketika Ibrahim bin Adam telah dikunjungi beberapa orang tamu wakil guru Tariqhoh lalu dia berkata kepada mereka:
"Berikanlah nasihat yang berguna kepada saya yang akan membuat saya takut kepada Allah."

Lalu mereka berkata:
"Kami wasiatkan kepada kamu 7 perkara, antaranya:

1. Orang yang terlalu banyak bicaranya janganlah kamu harap akan kesadaran hatinya.

2. Orang yang banyak makan janganlah kamu harap akan keluar kata-kata hikmah darinya.

3. Orang yang banyak bergaul dengan manusia jangan kamu harap akan rajin ibadahnya.

4. Orang yang terlalu cinta kepada dunia jangan kamu harap akan mendapat khusnul khatimah.

5. Orang yang bodoh jangan kamu harap akan bisa hidup hatinya.

6. Orang yang memilih kawan dengan orang yang zalim jangan kamu harap akan kelurusan agamanya.

7. Orang yang hanya mencari kerelaan manusia jangan kamu harap akan mendapat keredhaan Allah.

penjelasan:
orang yg banyak bicaranya memang lebih banyak salahnya, lebih2 bicara hal yg tidak berguna/sia2 pasti hati orang yg demikian sulit untuk menemukan jati dirinya.

orang yg banyak makan itu salah satu pertanda dia senang menuruti hawa nafsu, dan siapapun yg senang menuruti hawa nafsu sulit mendapat hikmah.

orang yg banyak bergaul tentu waktunya lebih banyak dihabiskan untuk teman2nya daripada untuk beribadah kepada Allah, bergaul di sini dimaksudkan pergaulan yg tdk ada manfaatnya.

orang yg terlalu cinta dunia tentu dia akan tidak peduli halal dan haram demi meraih keuntungan dunia yg sebesar-besarnya, dan setelah harta terkumpul banyak orang seperti ini sombong dan bakhil

orang yg bodoh tidak akan bisa hidup hatinya karena orang bodoh tdk memiliki ilmu dan dia sudah merasa cukup ilmunya, padahal sebenarnya dia sama sekali tidak berilmu, orang bodoh seperti ini mati hatinya sebagaimana hati orang2 kafir diberi nasehat atau tidak tetap pd pendiriannya yg salah.

orang yg berteman dg orang dzolim apalagi yg awam ilmu agamanya pasti akan ikut menjadi dzolim, dan orang2 seperti ini terlalu memudahkan urusan agama, meremehkan dosa, mudah sekali berbuat kedzoliman (seperti fitnah dan ghibah).

orang yg hanya mencari kerelaan manusia sulit mendapat ridlo Allah SWT, karena dia beramal hanya agar manusia melihat amalnya (riya") dan juga agar manusia memuji serta menghormati dirinya.

saya akhiri artikel saya dg ucapan alhamdulillah, semoga wasiat para guru thoriqoh yg ditujukan pd tokoh sufi Ibrahim bin Adham bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita semua tidak termasuk ke dalam salah satu dari 7 golongan yg mati hatinya. Aaamiin

0 komentar:

Followers

Mbh