Rabu, 31 Agustus 2011

Sunah-sunah hari raya (iedul fitri)

Untuk melihat secara full (web version) dari tulisan ini silahkan lihat disini

Sebelumnya, saya ucapkan kepada segenap kaum muslim dimanapun berada SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA IEDUL FITRI 1432 H, TAQOBALALLAHU MINNA WA MINKUM, MOHON MAAF LAHIR BATIN MINAL 'AIDZIN WAL FAIZIN.

Diantara kesunahan hari raya adalah
1. Makan sebelum berangkat sholat, ini untuk menandakan bahwa hari itu tidak puasa dan diantara manfaatnya agar setelah sholat trus menerima tamu kita tdk kelaparan :)

2. Mandi sunah sebelum sholat ied. Adapun caranya sama seperti mandi sunah hari jum'at maupun mandi junub, sedangkan niatnya adalah
نويت الغسل من يوم عيد الفطر سنة لله تعالى‎

3. Pakai yang bagus-bagus, walau tidak harus membeli yang baru asal yang paling bagus dari yang kita punya.

4. Pakai wewangian
5. Sholat sunah berjama'ah, seyogyanya jangan sholat sunah hari rayanya saja yang jama'ah tapi sholat subuh juga jama'ah.
Untuk niat sholat sunah hari raya nanti adalah
أصلى سنة عيد الفطر ركعتين أداء مؤموما لله تعالى ألله أكبر ‎

Dalam sholat ini disunahkan bertakbir 7x pada rok'at pertama dan hitungan 7x tersebut dengan tanpa menghitung takbirotul ihrom begitupun pada roka'at kedua 5x dengan tanpa menghitung takbir naik dari sujud. Diantara takbir-takbir tersebut disunahkan membaca tasbih
سبحان الله والحمد لله وﻻ إله إﻻ الله والله أكبر وﻻ حولا وﻻ قوة إﻻ بالله العلي العظيم‎

6. Disunahkan mengambil jalan yang jauh saat berangkat sholat, dan pulangnya disunatkan mengambil jalan terdekat menuju rumah, artinya antara berangkat dan pulang sholat mengambil jalan yang berbeda.

7. Saling maaf memaafkan

Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Semoga kita dipertemukan kembali dengan bulan ramadhon yang penuh berkah tahun depan, amien :-)

0 komentar:

Followers

Mbh