Minggu, 07 Agustus 2011

Cerita Ustadz AHMAD AL- HABSYI Bersama Surah Al Waqi'ah

Cerita Ustadz AHMAD
AL-HABSYI Bersama
Surah Al Waqi'ah
SETELAH selesai
nyantri saya dapat
tawaran mengajar di
pesantren. Saya
mengajar di tingkat
bawah dan bagian
laboratorium bahasa,
bahkan sempat
dipromosikan menjadi
kepala sekolah di
pesantren tersebut.
Namun dikarenakan
sifat manusia itu tidak
sama dan selalu saja
ada yang tidak suka
atas prestasi-prestasi
yang saya raih, saya
diisukan dengan
sesuatu yang kotor
dan tidak terpuji. Saya
dijelek-jelekkan,
sehingga membuat
pimpinan sedikit
menjauh dari saya.
Karena melihat situasi
dan kondisi yang tidak
kondusif, akhirnya
saya pilih
mengundurkan diri dari
pesantren. Meskipun
waktu itu gaji yang
saya terima Rp 2 juta,
tapi bila suasana
seperti itu membuat
saya tak betah.
Saya menganggur
selama tiga bulan. Saya
di rumah hanya mengisi
waktu dengan aktivitas
yang bisa
meningkatkan kualitas
spiritual dan intelekual
atau pemahaman Islam.
Pada masa-masa
nganggur itu saya
mengamalkan pesan
guru saya, almarhum
Habib Ahmad Al-Habsyi,
bahwa bila kita berada
dalam keadaan
tedesak dan benar-
benar membutuhkan
uang, bermunajatlah
pada Allah dengan
membaca Surat Al-
Waqi`ah sebanyak
empatbelas kali dalam
sekali waktu. Saya
mempraktikannya tiap
ba`da shalat asar.
Pada masa-masa
mengamalkan wirid itu
saya mendapat
panggilan ceramah di
lingkungan tempat
tinggal saya. Kemudian
datang seorang teman
menawarkan ceramah
di radio. Menurutnya,
ceramah saya menarik
dan mudah dicerna.
Alangkah baiknya bila
syi`ar atau dakwah itu
menjangkau
masyarakat yang lebih
luas lagi, tidak hanya
jamaah masjid saja.
Dengan alasan syi`ar
Islam, saya menerima
tawarannya. Dalam
satu pekan saya diberi
tugas ceramah satu
kali dengan waktu
sekitar dua jam. Dalam
satu bulan saya
berceramah empat kali
di radio yang
disponsori pengusaha
tembakau dari Jawa.
Dari ceramah di radio
itu saya mendapat gaji
sebesar Rp 2 juta per
bulannya.
Subhanallah, ini
memang ketentuan
(takdir) Allah. Bila dulu
untuk mendapatkan
uang Rp 2 juta harus
menghabiskan waktu
seharian mengajar,
bahkan malam pun
harus mengajar. Tapi
setelah lepas dari
pesantren dan
mengamalkan pesan
guru, uang Rp 2 juta
bisa didapatkan
dengan empat kali
ceramah dengan waktu
dua jam tiap pekannya.
Saya yakin ini
merupakan berkah dari
membaca Surat Al-
Waqi`ah. Dari
pengalaman tersebut
saya tidak pernah
melepaskan dari
membacanya tiap ba`da
shalat asar dan
kelancaran dalam
usaha dan dakwah
pun, Alhamdulillah saya
rasakan hingga saat
ini.
Ya, itulah berkah Al-
Quran. Memang bila
ditelusuri dalam
hadits-hadits, Surat
Al-Waqi`ah memiliki
beberapa keutamaan
dan membawa berkah.
Dalam sebuah riwayat,
Ubay bin Kaab berkata
bahwa Rasulullah saw
bersabda,
“Barangsiapa yang
membaca surat Al-
Waqi`ah, ia akan
dicatat tidak tergolong
pada orang-orang
yang lalai.”
Abdullah bin Mas`ud
berkata bahwa
Rasulullah saw
bersabda,
“Barangsiapa yang
membaca surat Al-
Waqi`ah, ia tidak akan
tertimpa oleh kefakiran
selamanya”.
Ulama fikih Imam Ja`far
Ash-Shadiq
meriwayatkan
beberapa hadits
seperti “Barangsiapa
yang membaca surat
Al-Waqi`ah pada malam
Jumat, ia akan dicintai
oleh Allah, dicintai oleh
manusia, tidak melihat
kesengsaraan,
kefakiran, kebutuhan,
dan penyakit dunia”.
Juga dari Imam
Muhammad Al-Baqir bin
Ali Zainal Abidin bin
Husain bin Ali bin Abu
Thalib meriwayatkan
bahwa Rasulullah saw
bersabda,
“Barangsiapa yang
membaca surat Al-
Waqi`ah sebelum tidur,
ia akan berjumpa
dengan Allah dalam
keadaan wajahnya
seperti bulan
purnama”.
Demikianlah keutamaan
Surat Al-Waqi`ah.
Marilah kita biasakan
membacanya agar
senantiasa
mendapatkan
keberkahan dan
berada dalam naungan
Allah Ta`ala.
AHMAD AL-HABSYI,
adalah mubaligh
‘selebritis’ muda
nasional, pengisi
ceramah di televisi dan
instansi serta majelis
taklim.
(Naskah ini ditulis oleh
AHMAD SAHIDIN dari
wawancara dengan
Ustadz Ahmad Al-
Habsyi, pada Kamis, 23
Oktober 2008, di
rumahnya Komplek
Bumi Harapan Permai,
Kramat Jati Kampung
Dukuh, Jalan Dukuh III
Bumi Pratama V B-i
No.7 Jakarta pusat)

2 komentar:

cblack mengatakan...

good post, bs memotifasi orang tuk membaca surat Al-waqi'ah setelah sholat

Mahesa ibnu_romli mengatakan...

Amien, :) selamat menjalankan ibadah puasa yah sodaraku :)


review http://mahesakujenar.blogspot.com on alexa.com
free counters

Followers

 
heramkempek © . Template by: SkinCorner. SEO By: Islamic Blogger Template