Selasa, 19 Juli 2011

Manfaat KencurManfaat Kencur

Sering denger dunk jamu beras kencur, atau malah jadi penggemarnya ? Yap, kencur memang menjadi bahan pokok dari jamu beras kencur, biasanya banyak yang suka jamu ini karena rasanya yang tidak pahit. Dan tidak salah kalau rutin mengkonsumsi kencur, karena kencur mempunyai banyak manfaat buat kesehatan kita.

Berdasar analisis , di sebutkan bahwa minyak atsiri yang terkandung dalam rimpang kencur mengandung kurang lebih 23 macam senyawa yang bisa bermanfaat bagi tubuh.

Kencur bisa membantu menjaga kebugaran tubuh kita dan juga masih ada beberapa manfaat lain lagi.
Beberapa manfaat dari kencur berikut di antaranya :

* Pelangsing Tubuh

Caranya : Seduh 1 rimpang kencur, 1 sendok teh tepung beras dan 1 potong gula kelapa dengan segelas air panas.
Diamkan beberapa saat , setelah dingin saring dan minum 3 kali sehari.

* Mengobati Migrain

Caranya : Lumatkan sepotong kencur sebesar jari, 3 cm jahe, 3 cm lempuyang, 1/2 sendok teh adas dan 5 cm pulasari sambil di tambahkan 6 sendok makan air.
Peras dan tambahkan sedikit madu, minum 3 kali sehari masing-masing 2 sendok makan.

* Mengobati Asma

Caranya : Parut rimpang kencur secukupnya dan peras airnya, kemudian campur air kencur dengan 2 sendok makan madu dan satu kuning telur ayam kampung. Campur hingga rata, diamkan beberapa saat kemudian minum.

* Mengobati rematik

Caranya : Potong-potong 1 ons kencur, 1/2 ons jahe dan campur dengan 1 ons beras yang sudah digerus beserta 1 ons biji kedawung.
Kemudian rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya.
Setelah dingin tambahkan air perasan jeruk nipis ( 1/2 buah saja ) dan 2 sendok teh madu. Selanjutnya minum 2 kali sehari masing - masing setengah gelas.

* Mengobati Tetanus

Caranya : Rebus 3 jari rimpang kencur dan setengah genggam daun jinten dengan 3 gelas air, tambahkan 3 jari gula enau. Rebus hingga airnya tersisa setengahnya. Setelah dingin minum 2 kali sehari.

* Mengobati Muntah masuk Angin

Caranya : Kunyah 1,5 jari rimpang kencur bersama sedikit garam, setelah halus telan kunyahan kencur tersebut bersama air hangat. lakukan 2 kali sehari.

* Mengobati Batuk

Caranya : Parut 3 potong kencur sebesar jari dan masukkan ke dalam setengah gelas air yang sudah di beri garam secukupnya, aduk dan peras dengan kain.
Selanjutnya minum setiap pagi dan sore masing - masing satu resep.

* Mengobati Jerawat

Caranya : Lumatkan sepotong kencur sebesar jari, sepotong temulawak sebesar jari, 5 butir jinten, bersama sejumput asam kawak dan gula aren. Kemudian seduh dengan segelas air panas, selagi hangat saring dan beri sedikit air jeruk nipis. Minum pada pagi hari.

** Ayo tambahin lagi infonya **

3 komentar:

jibiGewissen mengatakan...

kulonuwon

JibiGewissen mengatakan...

sami samu Mas bro mahesa..
Blog mu keren.. Minta doanya ya mau coba ramuan obat nya hehe..sami samu Mas bro mahesa..
Blog mu keren.. Minta doanya ya mau coba ramuan obat nya hehe..

triple-x mengatakan...

obat mengobati kantong kering selain kerja apa sob??? hehe knjungan balik... lam knal http://triple-x.com.nuobat mengobati kantong kering selain kerja apa sob??? hehe knjungan balik... lam knal http://triple-x.com.nu


review http://mahesakujenar.blogspot.com on alexa.com
free counters

Followers

 
heramkempek © . Template by: SkinCorner. SEO By: Islamic Blogger Template