Jumat, 13 Januari 2012

Apakah benar Orang Fakir miskin Mendahului Orang Kaya Masuk Surga???

Imam Muslim dalam kitab shahinya meriwayatkan dari Abdullah bin Amr r.a, dia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Sesungguhnya pada Hari Kiamat, orang-orang fakir kaum muhajirin akan mendahului orang-orang kaya memasuki surga dengan 40 tahun lamanya" (HR.MUSLIM)


Imam tirmidzi meriwayatkan dari Abi Sa'ad dia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda,"Orang-orang fakir kaum muhajirin akan masuk surga 500 tahun lebih dahulu sebelum orang-orang kaya dari mereka." (HR.TIRMIDZI)


Sungguh di tempat lain Rasulullah saw. telah menjelaskan bahwa mereka terus berjuang dan tidak memiliki harta untuk dihisab.

Imam Al-Hakim dalam Al-Mustadrak-nya meriwayatkan dari Abdullah bin Amr r.a, dia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Apakah kamu tahu rombongan pertama dari umatku yang akan memasuki surga?" Aku berkata, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui ." kemudian beliau bersabda, "Yaitu orang-orang fakir dari kalangan muhajirin. Pada Hari kiamat mereka akan datang ke pintu surga, lalu minta pintu surga dibukakan. Maka, penjaga itu bertanya kepada mereka, "Apakah kamu telah dihisab?" Mereka berkata, "Apakah ada sesuatu yang perlu dihisab pada kami?" Mereka berkata, "Apakah ada sesuatu yang perlu dihisab pada kami? Sesungguhnya pedang kami senantiasa tergantung dipundak kami untuk di jalan Allah sampai kami mati, dalam keadaan demikian." beliau bersabda, "Kemudian pintu itu dibukakan untuk mereka. Maka mereka memasuki surga 40 tahun lebih dahulu sebelum orang-orang lain memasukinya." (HR. AL-HAKIM)


Dalam Shahih bukhari diriwayatkan dari usamah bin zaid bahwa Nabi saw, bersabda, "Aku berdiri di pintu surga. Maka kebanyakan orang yang memasukinya adalah orang-orang miskin, sedangkan orang-orang kaya tertahan. hanya saja, para penghuni neraka telah diperintahkan masuk neraka" (HR.BUKHARI)


Adapun orang-orang kaya yang dimaksud adalah dari kalangan kaum muslimin. Dalam beberapa hadist terdahulu dijelaskan bahwa orang-orang fakir itu akan masuk surga lebih dahulu dari orang-orang kaya terpaut 40 tahun. Sedangkan dalam hadist lain 500 tahun. Adapun cara untuk menyatukan kedua hadist ini adalah bahwa keadaan orang-orang miskin berbeda-beda demikian dengan keadan orang kaya. imam qurthubi mengatakan bahwa orang-orang fakir itu memiliki tingkatan iman yang berbeda-beda, demikian pula orang kaya. Jika hisab itu dihitung mulai orang fakir pertama memasuki surga sampai dengan orang kaya terakhir masuk surga, maka terpautnya 500 tahun, jika dihitung dari orang miskin yang terakhir memasuki surga dengan orang kaya yang pertama memasuki surga maka jaraknya 40 tahun. wallahu alam

Faidah :
dari kajian diatas kita sebagai umat yang beriman sudah sepantasnya jangan menganggap rendah orang-orang miskin karena orang-orang miskin yang beriman dan bertaqwa lebih mulia derajatnya di akhirat dari pada orang yang paling kaya dan paling beriman sekalipun. dan mari kita bersama saling membantu sesama umat bersedekah kepada saudara kita yang membutuhkan karena harta yang kita miliki terdapat hak kaum fakir.

0 komentar:

Followers

Mbh