Minggu, 02 Oktober 2011

TUJUAN HIDUP

Bismillahi alhamdulillah wasshalatu wassalamu ala rasulillah wa'ala alihi wassohbihi waman walaah

Wa ba'du:


Dimasa akhir-akhir ini tidak jarang kita baca dan kita dengar kabar berita baik berupa pembunuhan, bunuh diri, perampokan dan tindakan kriminal yang lain.


Dalam kitab yang berjudul Al-islam karya Sa'id Hawwa, Kitab yang di anggap MOSTER oleh musuh-musuh Islam. Disana di ceritakan ada seorang berbangsa Jepang yang kaya raya. dia bekerja keras untuk meraih kesuksesannya, Namun di puncak kejayaannya dia bosan akan kehidupan ini, padahal berbagai kenikmatan-kenikmatan dunia dia bisa membeli dan menikmatinya. ia pun memilih mengakhiri kehidupan dengan bunuh diri karena ia tidak tahu "mau kemana setelah mencapai kejayaan itu", kenapa dia melakukan perbuatan yang memilukan???...padahal dia mencapai gemerlapnya kehidupan.setelah ditinjau balik ternyata dia tidak berketuhanan, dia tidak tau bahwa masih ada kehidupan setelah kematian ini.dipuncak kejayaan ia temukan kehampaan.

Tindakan keriminal yang di landasi dengan keputus asaan, kekecewaan, dan frustasi dalam kehidupan adalah penyakit MUJTAMA' yang harus segera mungkin untuk di obati. Dan tentunya obat-obat ini tidak di temukan di shoidaliyah, apotik, maupun dikantor Mbah dukun. Namun setiap manusia juga harus tahu beberapa penyakit yang menyerang hati, dan akidahnya agar dapat hidup dengan sebenarnya, sesuai dengan tujuan "untuk apa kita diciptakan".


Setiap Hamba yang bernafas seharusnya dia tahu bahwa Tuhan itu ada, Dia-lah Penguasa Alam semesta,yang Maha Agung, Maha Mengetahui, dan Maha Adil. Allah-lah yang menciptakan semua yang ada dilangit dan di bumi,dalam QS al-maa-idah 120:"Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada didalamnya;dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu" .dan tidak hanya itu perjalanan kita tidak terhenti dengan adanya kematian begitu saja. di kehidupan berikutnya masih ada marhalah yang harus di tempuh:


1- Hari kiamat (baik kiamat Sughro maupun Kubro)


2- Hari kebangkitan dari kubur


3- digiring ke padang Makhsyar dan syafaat Rasul Shallallahu 'alaihi wa sallam


4- Hisab= menurut bahasa kita bisa dikatakan TOTALAN AMAL


5- Mizan=Timbangan yaitu ditimbangya amal perbuatan kita,dan Allah tidak menyia-nyiakan amal kita walau sekecil Atom.


6- Hari pembalasan Surga dan Neraka.


7- adanya Makhluk Ghaib Jin, Malaikat, dan Ruh


8- Haudh/Telaga Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam, Bidadari dan Wildan.Wildan Adalah Bayi yang menjadi Pelayan surga.


Intinya:Tujuan dari perjalanan hidup yang melelahkan ini Adalah mencari RIDHO ALLAH Subhanahu wa ta'ala. Allah berfirman dalam AT-TAUBAH AYAT 100:
"Orang-orang terdahulu yang pertama-tama (masuk islam) diantara orang-orang muhajirin dan anshar dan Orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik. Allah ridha kepada mereka dan mereka ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai didalamnya; mereka kekal didalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar."

Seberat apapun perjalanan ini kalau kita mempunyai tujuan mencari Ridha Allah,maka susah dan senang semua akan terasa NI"MAT untuk dijalani. Setiap hendak melakukan aktifitas kita tanyakan kepada Hati kita "Apakah Aktifitas yang akan aku jalani ini di ridhahi Allah?". Jika "Iya" maka jangan ditunda segeralah memulainya dengan Niat positif sebanyak mungkin, karena satu aktifitas yang bersifat positif dan kita niati dengan sepuluh niatan yang positif maka akan memberikan sepuluh hasil sebagai mana yang anda niatkan adapun penjelasannya secara panjang lebar sudah dibahas imam AL-GHOZALI dalam Ihya'nya.

Kekuatan Iman kepada hari pembalasan sangat berpengaruh kepada kegiatan kita sehari-hari. Iman ini yang mampu membangkitkan semangat hidup yang positif. Semangat hidup yang akan membahagiakan kita didunia dan diakhirat. dan kekuatan Iman ini bisa didapat dengan
1- Membaca dan memahami Al-quran. hendaknya seorang muslim selalu membaca al-quran dalam tiap harinya walaupun dengan menambah Satu Ayat dalam seharinya. dan membaca Al-hadits.
2-Membaca Dzikir dan wirid semisal Ratib Al-haddad, Ratib Al-atthos, wirid Imam An-nawawi dsb
3-Membaca sejarah Para Nabi dan Rusul terutama sejarah Rasul shallallahu alaihi wasallam dst..


Selamat bersemangat dalam beraktifitas dengan prinsip Mu'min yang Tangguh. Semoga Allah membuka lebar-lebar pintu kebaikan kepada kita Allahumma Amin..

Wallahu a'lam bisshowab..

0 komentar:

Followers

Mbh